Pemerolehan Bahasa Anak (Fonem dan Kosakata)

PEMEROLEHAN FONEM DAN KOSAKATA 
PADA ANAK USIA 5 TAHUN
LAPORAN PENELITIAN

Triyana Purnama Putri
Universitas Pendidikan Indonesia

ABSTRAK:Secara alamiah kemampuan komunikasi setiap anak berawal dari bentuk komunikasi yang sama, yaitu tangisan, isyarat, celotehan dan ungkapan emosional. Baru kemudian, secara berstruktur atau bertahap proses pemerolehan bahasa dimulai. Pemerolehan bahasa setiap anak memiliki tahapan yang sama, yaitu mengucapkan satu kata, dua kata, hingga mengucapkan satu kalimat penuh. Dalam perkembangan keterampilan berbahasa, anak mengalami yang namanya pemerolehan fonem dan pemerolehan kosakata. Seorang anak memiliki tujuh tahapan dalam pemerolehan bahasa menurut  Jean Piaget, yaitu tahap meraban pertama, tahap meraban kedua, tahap linguistik I, tahap linguistik II, tahap linguistik III, tahap linguistik IV, dan tahap linguistik V. Dalam penelitian ini, subjek penelitian telah berada pada tahap linguitik V dimana ia telah menguasai kompetensi penuh baik fonem maupun kosakata dibandingkan tahap di bawahnya. Penelitian dilakukan kepada subjek penelitian bernama Lulu Agustini, yaitu anak usia 5 tahun. Untuk meneliti terkait pemerolehan fonemdan kosakata, peneliti menggunakan metode melalui observasi serta merekam ujaran dari subjek penelitian. Dimana hasil observasi dan rekaman ujaran tersebut dijadikan sebagai bahan dari analisis penelitian ini. Temuan dari penelitian ini bahwa subjek peneliti yang berusia 5 tahun telah menguasai hampir semua jenis fonem dan telah mampu menggunakan kosakata berdasarkan kelas katanya.

Kata Kunci: Pemerolehan bahasa, Pemerolehan Fonem, Pemerolehan Kosakata.

*Untuk membaca lebih lengkap silakan download di bawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar